Waspada! 5 Gejala Umum Tumor Otak yang Perlu Diketahui

  • 2 min read
  • Aug 08, 2020
Gejala Umum Tumor Otak

Tumor otak menjadi ancaman baru yang bisa mengintai keselamatan jiwa siapa saja. Penyakit yang dipicu karena adanya pertumbuhan sel tidak normal di otak ini bisa menyebakan masalah kesehatan hingga kematian bagi penderitanya. Bahkan, tidak jarang ditemukan penderita kanker otak yang selanjutnya tumbuh menjadi pengidap kanker otak. Untuk itu, penting sekali bagi Anda agar lebih waspada terhadap penyakit ini. Berikut adalah beberapa gejala umum tumor otak yang perlu Anda waspadai.

Sakit Kepala

Pada dasarnya, sakit kepala merupakan gejala atau masalah kesehatan yang sudah sering dan umum dirasakan masyarakat. Kebanyakan dari masyarakat yang menderita sakit kepala tidak perlu dikhawatirkan. Pasalnya, ada juga beberapa penyakit yang menyebabkan sakit kepala. Atau, kondisi-kondisi tertentu seperti kelelahan, tekanan darah rendah atau tinggi, dan lain sebagainya pun bisa menyebabkan sakit kepala.

Namun rupanya, sakit kepala ini pun bisa menjadi pertanda adanya gangguan tidak normal di otak Anda. salah satu gejala umum tumor otak adalah adanya rasa sakit di kepala. Bedanya, sakit yang dirasakan cenderung sangat sakit dan intensitas rasa sakit yang dirasakannya pun sangat sering. Pada penderita tumor otak, sakit kepala akan dirasakan terus-menerus dan tidak pernah berkurang rasa sakitnya.

Mual dan Muntah

Mual dan muntah bisa dirasakan siapa saja dan sudah menjadi hal biasa yang dialami oleh semua orang. Bahkan beberapa penyakit seperti gangguan pencernaan pun mengalami gejala mual dan muntah. Namun, ada satu perbedaan mencolok antara mual dan muntah biasa dengan gejala umum tumor otak. Biasanya, pada penderita tumor otak akan mengalami mual dan muntah tanpa diketahui apa penyebabnya. Penderita akan merasa mual dan muntah-muntah begitu saja.

Begitu pun saat diperiksakan ke dokter, tidak ada gejala klinis yang menyebabkannya. Seperti misalnya tidak hamil, tidak adanya penaikan asam lambung, atau tidak habis menghirup bau yang berlebihan. Ketika Anda merasakan gejala mual dan muntah secara mendadak, maka patut dicurigai.

Penglihatan Kabur

Pada penderita tumor otak, gejala umum tumor otak selanjutnya adalah penghlihatan yang menjadi kabur. Atau bisa juga penglihatan menjadi terkesan ganda, apapun yang dilihat seperti ada dua. Hal ini akan terjadi meskipun Anda tidak mempunyai masalah pada mata seperti rabun jauh atau rabun dekat karena mata minus dan sebagainya.

Jika pertumbuhan sel abnormalnya semakin parah, maka penglihatan penderita akan hilang secara bertahap. Saat gejala ini dibiarkan, bukan hanya pertumbuhan tumor yang akan semakin membahayakan, namun juga kondisi fisik dan keseharian Anda yang akan terganggu. Seperti dalam menentukan jarak atau saat berkendara.

Kebas atau Mati Rasa

Gejala umum lainnya yang biasa dirasakan oleh penderita tumor otak adalah adanya kesulitan dalam mengendalikan ekspresi pada wajah. Tak hanya itu, biasanya penderita akan mengalami kesulitan untuk menelan apapun, bahkan kesulitan berbicara dan merasakan kebas pada bagia tubuhnya terutama wajah. Penderita tumor otak akan merasakan mati rasa atau kaku pada bagian-bagian tubuhnya. Pasalnya, ketika otak bermasalah tentu beberapa organ akan bermasalah juga karena terhubung dengan bagian sumsum tulang belakang manusia.

Badan Mudah Lemas

Selain beberapa gejala tersebut, ada gejala umum tumor otak yang biasanya dirasakan yakni badan yang terasa lemas dan lesu tanpa adanya sebab yang jelas. Meskipun Anda hanya diam seharian, tidak bekerja, tidak melakukan hal-hal yang membuat lelah, badan akan tetap terasa lemas. Meskipun tumor otak tidak memberikan rasa nyeri pada tubuh, namun sebagian besar penderitanya akan kesulitan dalam merespon dan menggerakan tubuhnya karena merasa sangat lemas.

Beberapa gejala tersebut, adalah gejala yang umum terjadi pada penderita tumor otak. Untuk itu, ketika Anda mulai merasakan beberapa gejala tersebut, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter atau ahli medis lainnya.