Tips Memilih Sabun Bayi yang Aman

Memelihara kesehatan buah hati tidak hanya memperhatikan asupan nutrisinya saja, melainkan juga harus pintar memilih sabun mandi bayi antibakteri yang sehat dan aman. Jika salah memilih produk, bisa membuat kondisi kulit teriritasi dengan gejala gatal dan timbul ruam. Karena itulah saat membeli sabun sebaiknya perhatikan komposisinya dan jangan asal memilih, mintalah rekomendasi dari dokter agar kulit buah hati bisa sehat terawat. Adapun tips memilih sabun yang aman bagi bayi antara lain:

Tips Memilih Sabun Bayi yang Aman

  • Memilih produk yang sesuai dengan pH Kulit

Membeli produk yang dibutuhkan untuk merawat bayi tidak bisa dibilang mudah karena kondisi kulit buah hati masih sangat sensitif. Dalam memilih sabun bayi sebaiknya pergunakan produk yang kandungan pHnya mendekati pH kulit yaitu 5,5-6,5 agar kulit tidak mudah terkena alergi. Hindari memilih sabun yang mengandung zat pewarna dan juga parfum, utamakan yang bersifat hipoalergenik. Jika timbul bintik-bintik merah pada kulit setelah penggunaan sebaiknya hentikan pemakaian.

  • Memilih produk yang mengandung bahan alami

Saat ini banyak dijual sabun mandi bayi antibakteri yang terbuat dari bahan alami karena sangat aman bagi kulit buah hati. Beberapa bahan yang cukup direkomendasikan diantaranya adalah:

  • Ektrak vitami B5, C, dan E yang berperan sebagai nutrisi kulit
  • Minyak zaitun, coconut, dan palm oil, ketiganya bermanfaat untuk menjaga kelembutan kulit
  • Alphabisabolol yang berfungsi untuk mencegah iritasi pada kulit
  • Lidah buaya yang sangat bagus untuk menghaluskan kulit

Dengan menggunakan sabun yang aman, kesehatan kulit bayi menjadi lebih terawat sehingga buah hati tidak rewel saat dimandikan karena merasa nyaman. Sebaiknya jangan terlalu sering mengganti sabun, kalau bisa tetap gunakan produk yang sama sampai kulit bayi bisa beradaptasi dengan maksimal.

  • Perhatikan kadaluarsa produk

Produk yang dibutuhkan untuk merawat bayi juga memiliki kadaluarsa yang bisa dilihat langsung pada kemasannya. Sebaiknya saat membeli, baca tanggal kadaluarsanya jangan sampai sabun yang digunakan malah memberikan efek yang berbahaya bagi kulit buah hati.

Kulit bayi sangat rawan terkena alergi, salah satu penyebabnya adalah pemilihan sabun mandi bayi antibakteri yang salah dan mengandung bahan kimia berbahaya. Perhatikan ketiga tips diatas, agar perlindungan terhadap kulit bayi semakin maksimal dan terjaga selalu kesehatannya.