Tips dalam Merawat Sepeda Motor Agar Tetep Berjalan Baik

  • 2 min read
  • Jul 13, 2019
Sepeda Motor

Memiliki sepeda adalah hal pribadi. Kerentanan yang Anda bagi dengan sepeda motor Anda di jalan terbuka menciptakan ikatan yang tidak dapat disangkal.

Berdarah Rem

Minyak rem Sepeda Motor yang bersih menjaga rem tetap berjalan dengan lancar, merupakan karakteristik penting bagi pengemudi sepeda motor. Minyak rem Sepeda Motor kotor dapat merusak silinder mesin dan mengganggu kinerja rem. Hindari perbaikan yang lebih mahal dengan mengganti minyak rem, yang juga dikenal sebagai “pendarahan rem,” setiap tahun.

Mulailah dengan rem belakang yang lebih mudah. Melampirkan botol penangkap puting rem dan memompa rem tangan untuk melepaskan cairan. Gunakan obeng di bagian bawah reservoir master silinder dan periksa levelnya saat Anda mengeluarkan cairan lama. Setelah reservoir kosong, isi dengan cairan baru.

Sebelum Anda menabrak jalan, pegang rem ke bawah untuk memastikan mereka pegang, dan periksa di bawah sepeda Anda apakah ada kebocoran. Rem yang salah bisa membuat Anda mencari bagian-bagian sepeda motor yang mahal jika mereka memberi. Pertahankan rem Anda untuk menghindari masalah yang lebih mahal.

Bersihkan Rantai

Jika mesin sepeda motor adalah jantung, rantai atau sabuk adalah paru-paru yang membuatnya terus bergerak. Jika mesin Anda digerakkan oleh rantai, jaga kebersihannya, dan sepeda Anda akan membayar Anda dengan masa kerja yang lama.

Ganti Oli

Ganti oli sendiri di sepeda motor lebih mudah daripada di mobil atau truk. Ikuti jadwal perawatan untuk penggantian oli, yang biasanya setiap 4.000 mil atau enam bulan.

Bagaimana Merawat Sepeda Motor Agar Tetep Berjalan Baik?

Menjaga mesin sepeda motor Anda dalam kondisi baik melibatkan dua hal. Satu tidak memutar mur dari itu dengan mengurangi di setiap gigi dan yang kedua adalah mengganti oli mesin tepat waktu setiap waktu.

Mengganti oli mesin secara teratur akan membuat semua bagian dalam mesin berjalan dengan lancar. Tingkat oli yang Anda tempatkan juga memainkan peran utama dalam menjaga mesin berjalan dengan lancar.

Bergantung pada jenis dan kekuatan sepeda motor Anda, Anda bisa mempertimbangkan untuk meningkatkan ke oli mesin semi sintetis atau sepenuhnya sintetis. Ini bekerja dengan baik di suhu dingin dan panas. Lihat manual pemilik untuk melihat grade oli mana yang direkomendasikan untuk sepeda motor Anda.

Menjaga agar tetap lurus

Dengan kondisi jalan yang terus berubah, akan ada contoh di mana masuk ke lubang atau di atas tonjolan tidak dapat dihindari. Tumbukan mendadak ini dapat membuat roda sepeda motor tidak sejajar.

Ini berbahaya karena setir mungkin tidak mengoreksi dirinya sendiri dengan benar atau Anda dapat mendarat meluncur ke arah tarmak secara bergantian. Jadi, setiap beberapa minggu bawa sepeda motor Anda ke garasi dan periksa apakah pelurusan roda benar.

Pemadaman listrik

Sama seperti kita perlu makan untuk mengisi kembali tingkat energi kita, baterai pada sepeda motor perlu diisi setiap beberapa bulan. Dengan setiap ibu jari starter dan setiap tuas rem atau pedal ditekan, baterai kehilangan daya.

Jika Anda tidak menggunakan sepeda motor secara teratur sehingga alternator dapat mengisi baterai, baterai akan terkuras. Jika Anda memiliki baterai lama yang membutuhkan air di dalamnya, pastikan untuk menambah level air setiap beberapa minggu. Jika Anda memiliki salah satu baterai bebas perawatan baru maka Anda tidak perlu khawatir.

Ini semua tentang Anda

Ya itu semua tentang Anda. Sepeda Motor Anda akan berjalan dengan lancar jika Anda merawatnya. Itu tidak berarti hanya melakukan pekerjaan pemeliharaan tetapi juga berkendara dengan benar. Pengereman dengan tenang, berakselerasi dengan mantap dan berputar dengan lancar akan membantu banyak bagian pada sepeda motor Anda bertahan lebih lama. Ingat mesin hanya sebagus operatornya.