Tiga Masalah Wajah yang Perlu Kamu Ketahui dan Cara Mengatasinya

  • 2 min read
  • Feb 22, 2020
Kecantikan Wajah

Wajah merupakan hal yang paling utama untuk menunjang penampilan seseorang. Segala cara dilakukan demi menjaga kesehatan kulit wajah, namun terkadang ada saja masalah yang datang. Nah, di bawah ini merupakan masalah-masalah kulit yang biasanya muncul di wajah.

  1. Jerawat

Jerawat bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya hormon androgen, yaitu testoteron. Hormon ini yang memicu produksi minyak di wajah secara berlebihan dan saat pori-pori tersumbat, jerawat pun akan muncul.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu dapat mengkonsumsi teh kunyit sebagai langkah alternatif. Caranya,campur 1-2 sdt bubuk kunyit pada air mendidih. Kamu bisa meminum teh kunyit dua kali dalam sehari.

Selain teh kunyit, kamu juga bisa mencoba teh spearmint dua kali sehari selama satu bulan. Daun spearmint efektif mengurangi peradangan pada jerawat aktif. Selain diseduh menjadi teh, minyak spearmint dapat dioleskan ke jerawat yang meradang untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat. Berhati-hatilah ketika mengoleskan di area sekitar mata.

Aloe Vera atau lidah buaya juga sangat efektif untuk mengobati jerawat yang meradang. Oleskan lidah buaya pada wajah secara merata dan pijat dengan lembut. Zat anti-inflamasi yang terkandung pada lidah buaya membantu meredakan iritasi yang disebabkan jerawat.

Adapun cara alternatif lain, yaitu dengan bubuk coklat murni untuk menyembuhkan jerawat. Kamu bisa mencampurkan bubuk coklat dengan air atau susu.

  1. Kapiler 

Kapiler atau lingkaran hitam di bawah mata biasanya juga menjadi masalah pada wajah. Kapiler ini bisa disebabkan oleh penuaan, kelelahan, keturunan, dan sebagainya.

Untuk mengatasi masalah kapiler ini, kamu bisa meminum jus hijau dengan bahan-bahan seperti bayam, bubuk chlorella, spirulina, atau rumput barley. Minumlah jus hijau tersebut rutin setiap hari.

Selain itu, kamu juga bisa mengurangi kapiler ini dengan minyak biji dill, almond, minyak licorice, dan alpukat. Oleskanlah bahan tersebut pada area sekitar mata di malam hari. Bahan-bahan tersebut sangat ampuh untuk meningkatkan ketebalan, kekencangan, dan elastisitas kulit.

Kamu bisa juga mengatasi masalah dengan datang ke Klinik ERHA sebagai klinik kecantikan kulit dan rambut terbaik di Indonesia. Ada banyak treatment yang akan membantu permasalahan kulit dan rambutmu.

  1. Flek Hitam

Flek hitam disebabkan oleh meningkatnya produksi melanin atau pigmen alami kulit. Produksi melanin yang berlebihan di titik-titik tertentu akan membuat titik tersebut tampak lebih gelap dan tampak seperti bintik-bintik atau flek. Flek hitam ini sangat berkaitan dengan faktor genetik.

Untuk mengatasi flek hitam, kamu bisa mengunjungi Klinik ERHA yang dapat menjadi jawaban dari semua permasalahanmu. Flek hitam dapat pudar,dengan perawatan yang intensif yang dilakukan oleh ahli kulit dan dokter yang berpengalaman.

Flek hitam dapat dicegah, yaitu dengan cara menggunakan sunscreen, pelindung kulit dan kepala saat beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.