Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan

  • 2 min read
  • Nov 29, 2020
Pembukuan Pengeluaran dan Pemasukan

Pembukuan keuangan atau pembukuan pengeluaran dan pembukuan pemasukan sangat diperlukan jika kamu memiliki bisnis. Dengan pembukuan ini anda bisa mengetahui bagaimana keuangan bisnis, keuntungan, serta kerugian. Jadi anda tidak perlu khawatir akan masalah keuangan dan bisnis anda akan dapat berjalan lancar.

Sudah ada aplikasi BukuKas yang akan memudahkan kamu untuk melakukan pembukuan. Tidak perlu khawatir karena di aplikasi tersebut akan terasa mudah dan sangat aman.

Pengertian Pembukuan

Pembukuan adalah suatu proses pencatatan secara teratur yang bertujuan untuk mengumpulkan data serta informasi terkait keuangan (UUD No.28 Tahun 2007). Informasi yang disebutkan mengenai harta, kewajiban, penghasilan, modal, biaya, serta harga perolehan. Anda bisa meliputi neraca dan laporan laba rugi untuk mengetahui harga perolehan.

Manfaat Pembukuan

Ada beberapa manfaat pembukuan untuk kamu yang memiliki bisnis, baik offline maupun online yang terposting di marketplace. Simak manfaatnya.

  • Memisahkan bisnis dan pribadi

Kelola keuangan anda dan bedakan antara keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Sehingga anda tidak menyatukan keduanya. Jika keduanya anda satukan maka anda akan merasa kesulitan untuk membedakan mana pengeluaran untuk bisnis dan pribadi atau rumah tangga.

Jika kedua nya dicatat dengan jelas, maka anda akan tidak bingung lagi. Oleh karena itu anda harus membedakan pembukuan keduanya.

  • Memudahkan menghitung keuntungan

Masing-masing bisnis akan memiliki keuntungan yang berbeda bahkan jika anda menjual di marketplace yang berbeda pasti akan berbeda juga. Oleh karena itu, anda harus mengetahui berapa besar keuntungan yang akan diperoleh dari bisnis anda.

  • Pembuatan keputusan

Dalam setiap hal pembuatan keputusan anda harus melakukan suatu inovasi tertentu dan perlu pertimbangkan semuanya. Dengan begitu bisnis akan tahu keputusan yang dibuat harus sesuai dengan budget yang dimiliki. Untuk mengetahui seberapa besar budget yang kan keluar, maka dari itu penting untuk anda melakukan pembukuan. Jadi pembukuan untuk menjadi patokan setiap anda ingin mengambil keputusan.

  • Perhitungan lapor pajak

Pajak merupakan salah satu yang harus dipenuhi jika anda memiliki bisnis berupa toko di pinggir jalan. Menjalankan bisnis merupakan sebuah tanggung jawab. Contohnya seperti melaporkan pajak, perusahaan perlu mencatat keuangan setiap tahunnya.

Maka dari itu agar kamu tidak merasakan kerepotan dan kesulitan kamu perlu memiliki pembukuan keuangan.

  • Sebagai laporan eksternal

Memiliki pihak eksternal seperti kreditur dan investor merupakan bukan hal aneh. Pihak eksternal akan menjalin hubungan dengan anda dengan melihat pembukuan dan menanyakan laporan keuangan dari bisnis yang anda jalani. Hal itu digunakan untuk memberikan bantuan kepada bisnis anda.

Berikut merupakan pengertian pembukuan dan manfaat jika kamu melakukan pembukuan, baik catatan pengeluaran maupun pemasukan dll. Kamu juga bisa download aplikasi BukuKas melalui playstore atau appstore dan bisa kamu kunjungi di laman web berikut https://www.bukukas.co.id/.