Menurut Universitas California di Departemen Ilmu Biologi Davis, konsumsi beras telah terjadi sejak 2.500 SM; beras telah menjadi sumber makanan pokok lebih lama dari makanan lainnya. Ini adalah tanaman serbaguna dan dapat digunakan dalam hidangan utama, makanan penutup, minuman dan makanan ringan. Nasi dapat disiapkan dengan berbagai cara, termasuk memasak setengah matang, merebus, mengukus, dan menggoreng.

Selain itu, nasi memiliki profil nutrisi yang dikemas dengan energi, menyediakan karbohidrat dan tanpa lemak. Nasi biasa adalah makanan padat kalori, namun penambahan bumbu seperti mentega atau saus meningkatkan kandungan kalori secara dramatis. Ukuran porsi nasi adalah ½ gelas atau 100 gram. Nasi Tim dalam setengah cangkir mengandung 140 kalori, sementara 1/2 cangkir nasi putih rebus mengandung 123 kalori.

Menambahkan 1 sendok makan mentega meningkatkan kandungan kalori sebanyak 102 kalori dan sementara ½ cangkir saus ayam menambah 94 kalori. Satu porsi nasi putih mengandung 31 gram karbohidrat, dan satu porsi nasi putih mengandung 26 gram karbohidrat. Ada 4 kalori dalam 1 gram karbohidrat; untuk nasi putih, 124 dari total kalori, sekitar 89 persen, berasal dari karbohidrat.

Nasi rebus mengandung 104 kalori yang berasal dari karbohidrat, atau sekitar 85 persen. Sumber karbohidrat dari karbohidrat adalah pati yang digelatinisasi. Beras kukus dan rebus mengandung 1 gram lemak atau kurang. Kandungan lemak beras meningkat dengan penambahan bumbu. Satu sendok makan mentega meningkatkan kandungan lemak sebanyak 12 gram dan ½ cangkir saus ayam menambah 6 gram lemak.

Bagaimana nutrisi nasi tim atau nasi kukus?

Setengah cangkir nasi putih rebus menyediakan sekitar 3 gram protein, menurut Database Nutrisi USDA, dan satu porsi nasi putih juga mengandung 3 gram protein. Protein dapat ditingkatkan dengan menambahkan makanan kaya protein seperti ayam bakar, ikan, daging merah tanpa lemak atau telur ke hidangan nasi. Beras adalah makanan pokok dalam diet orang-orang di seluruh dunia.

Basmati, melati, beras liar, beras putih, dan beras merah adalah beberapa dari lebih dari 120.000 varietas padi yang ditanam di dunia, menurut Federasi Beras AS. Makan nasi sebagai bagian dari diet sehat dan rendah lemak dapat membantu Anda menjaga lemak dan kalori dalam batas yang disarankan oleh dokter Anda. Diet rendah lemak mengharuskan Anda makan makanan rendah lemak.

Seperti nasi, menjaga asupan lemak Anda secara keseluruhan di bawah 30 persen. Jika Anda makan 1.500, 1.800 atau 2.000 kalori saat makan diet rendah lemak, batasi kalori lemak Anda masing-masing hingga 450, 540 dan 600. Diet rendah lemak dapat membantu Anda jika Anda menderita penyakit jantung, obesitas, atau diabetes tipe 2, sebagaimana dibuktikan oleh studi Februari 2005 yang diterbitkan dalam jurnal “Seminar di Vaskular Kedokteran”.

Makanan seperti nasi, biji-bijian, sayuran, buah-buahan, susu bebas lemak dan beberapa daging rendah lemak. Nasi merah adalah salah satu jenis nasi yang lebih sehat untuk dimakan, karena ini adalah gandum utuh. Kandungan serat dalam beras merah adalah 3,5 gram per cangkir, sedangkan nasi putih hanya mengandung 0,6 gram per cangkir. Kandungan serat yang lebih tinggi dalam beras merah membuat Anda kenyang lebih lama.

Semua nasi mengandung karbohidrat kompleks, yang memberi energi tubuh Anda. Secangkir nasi putih atau cokelat dimasak memiliki rata-rata 45 gram karbohidrat, 18 persen dari asupan harian Anda jika Anda makan diet 2.000 kalori. Secangkir beras merah mengandung 1,75 gram lemak, sekitar sepertiga dari lemak jenuh dan dua pertiga lainnya dari lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Demikian nutisi nasi tim atau nasi kukus.