Saat ini jika dilihat layanan atau fasilitas medis yang ditawarkan kepada masyarakat jauh lebih bervariasi dibandingkan dengan dulu, salah satu diantaranya adalah dengan keberadaan layanan homecare. Banyak diantara rumah sakit atau pusat kesehatan yang memberikan kenyamanan tersebut kepada pasien-pasiennya dimana memang mereka tidak perlu lagi datang ke rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, melainkan cukup dengan memanggil petugas medis ke rumah, baik itu perawat homecare, fisioterapis maupun yang lainnya.

Karena memang pada dasarnya mereka juga mengerti kebutuhan dari pasien sendiri, dimana mungkin banyak diantaranya yang harus repot ke rumah sakit, apalagi jika seandainya lokasinya juga jauh. Perawatan dari rumah juga menjadi salah satu alternatif atau solusi terbaik, apalagi jika seandainya dari segi biaya yang dikeluarkan juga jauh lebih murah jika dibandingkan dengan pelayanan medis yang didapatkan dari rumah sakit. Selain itu dengan melakukan perawatan dari rumah sebenarnya pihak keluarga sendiri juga dapat memantau kondisi pasien tersebut secara penuh, tidak harus repot bolak-balik rumah sakit.

Salah satu layanan homecare sendiri yang cukup banyak digunakan adalah jasa dari seorang perawat. Berbicara mengenai jenis jasa ini sendiri sebenarnya juga terbagi atas beberapa bagian, khususnya untuk layanan di rumah atau home care ini, diantaranya adalah:

  1. Perawat medis, mereka yang melakukan perawatan khusus untuk masalah kesehatan dan memang tak hanya berpengalaman saja, melainkan juga dari latar pendidikan perawat, sehingga bisa menggunakan alat-alat medis sebagaimana yang memang dilakukan oleh dokter, namun bekerja tetap di bawah instruksi dari tenaga medis. Mereka juga sudah memiliki Surat Tanda Registrasi yang masih berlaku untuk melakukan kegiatan ini.
  2. Perawat orang sakit, sama halnya dengan perawat medis maka mereka yang bekerja di bidang ini juga merupakan tenaga atau lulusan dari sekolah keperawatan, dapat melakukan pendampingan dan juga pengawasan kepada pasien tersebut, serta akan mencatat kemajuan kondisi kesehatan mereka dari waktu ke waktu sampai nantinya benar-benar pulih pasca mengalami beberapa macam kondisi, seperti diantaranya adalah stroke ataupun operasi yang memang tidak hanya membutuhkan pendampingan saja, melainkan juga membutuhkan operasi sampai nanti kondisinya benar-benar pulih.
  3. Perawat lansia, belakangan ini memang cukup marak memang cukup marak keberadaan keluarga yang mencari tenaga untuk merawat lansia, apalagi yang memiliki beragam kondisi kesehatan. Tidak hanya membantu dalam memenuhi kebutuhan dan juga mobilitasnya saja, melainkan mereka juga mendampingi para lansia ini sehingga nantinya tidak akan stress dalam menjalani kehidupan di masa tua, apalagi bagi yang sudah memasuki fase pikun. Perawat lansia ini sebelumnya tentu sudah mendapatkan bimbingan atau pelatihan secara intensif untuk mengemban pekerjaan tersebut.
  4. Perawat bayi dan juga anak dengan kebutuhan khusus, jenis perawat ini lebih ditujukan untuk mengasuh bayi ataupun anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus sehingga butuh untuk diawasi secara penuh. Tenaga yang digunakan untuk menjadi perawat ini juga harus berpengalaman.

Itulah setidaknya beberapa jenis tenaga medis atau perawat homecare yang bisa Anda gunakan jasanya. Sekarang ini untuk mencari tenaga atau jasa semacam ini sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Karena Anda hanya perlu pilah-pilih saja dari Aido Health, sebuah aplikasi yang memungkinkan Anda untuk mencari lebih mudah tenaga kesehatan baik itu dokter, fisioterapis sampai dengan perawat, langsung saja download aplikasinya.