Kelebihan TikTok yang Wajib Kamu Ketahui

  • BloggerIndonesia
  • Jan 06, 2023

Aplikasi TikTok menjadi salah satu aplikasi yang sempat booming sejak pertengahan tahun 2018 silam dan ternyata memang banyak kelebihan yang ditawarkan apalagi kalau Anda seorang pebisnis yang berencana mempromosikan produk atau layanan di platform ini.

Meskipun aplikasi ini sempat terkena sempritan oleh pemerintah melalui kominfo, saat ini TikTok telah bertransformasi menjadi aplikasi yang berusaha untuk mendidik serta menghibur para penggunanya. Dengan perkembangan yang luar biasa menjadi aplikasi yang lebih positif, semakin banyak fitur-fitur yang tersedia hingga artikel ini dibuat.

Jika Anda seorang pebisnis, potensi memasarkan produk menggunakan TikTok adalah suatu hal yang wajib dilakukan. Bagaimana tidak, TikTok sudah memiliki lebih dari 800 juta pengguna aktif dari berbagai belahan dunia.

Jumlah ini diperkirakan terus naik setiap saat mengingat aplikasi TikTok sudah diunduh lebih dari 1,5 miliar kali oleh pengguna Google Play Store dan Apple, bahkan sudah menjangkau sekitar 150 negara di seluruh dunia. Sangat disayangkan jika Anda melewati kesempatan promosi didalam aplikasi viral satu ini.

Tapi jika Anda ingin segera menerapkan marketing TikTok, tidak ada salahnya mempelajari apa saja kelebihan dan kekurangan TikTok bagi sebuah bisnis. Berikut kami jelaskan pembahasan penting yang akan menambah referensi Anda sebelum menerapkan lebih jauh.

Kelebihan dan Kekurangan TikTok

Aplikasi TikTok sampai saat ini masih dalam masa puncak kejayaan karena menjadi salah satu pendatang yang paling diperhitungkan dalam dunia media sosial. Hampir semua orang dari banyak kalangan mengetahui manfaat TikTok sehingga mereka berlomba-lomba memproduksi jenis video yang dapat dinikmati oleh orang banyak. Berikut beberapa kekurangan dan kelebihan Aplikasi TikTok:

1. Mengandalkan Konten Lokal

Dilansir dari Influencer Marketing Hub, Aplikasi TikTok sering mengadakan challenge yang bersifat lokal dan ditandai dengan hastag. Meskipun TikTok sudah sangat populer secara internasional, tapi TikTok juga selalu mengandalkan konten-konten lokal.

Selain mendapatkan banyak video baru yang di-upload oleh setiap negara, TikTok juga memperoleh pengguna baru dari challenge yang diadakan di seluruh negara. Hal ini tentu saja menarik bagi pengguna TikTok, karena mereka ingin update terus dengan tren terbaru di negaranya dengan membuat video yang kreatif dan inspiratif.

Ciri atau karakteristik ini sangat menarik untuk dijadikan salah satu alasan menjalankan kegiatan TikTok Marketing. Dengan banyaknya bukti keberhasilan penyebaran video yang sedang tren, perusahaan yang membuat video kreatif juga berpotensi memperoleh hal yang sama seperti FYP dan mendapat banyak pengikut sehingga produk atau layanannya lebih banyak yang mengenal.

2. Tidak Perlu Akun Untuk Melihat Video

Aplikasi satu ini berbeda dengan aplikasi lainnya. TikTok bisa dibilang sebagai aplikasi yang mudah digunakan atau user friendly karena Anda tidak perlu memiliki akun sendiri untuk melihat vide-video yang ada di TikTok.

Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi Anda yang terkadang malas untuk masuk ke sebuah aplikasi dengan akun Anda. Didalam TikTok, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk melihat video tanpa pembuatan akun terlebih dahulu. Nggak percaya? coba aja Buka TikTok sekarang.

3. Menyajikan Video Pendek Menarik

Berapa banyak jenis video yang sudah Anda tonton didalam aplikasi ini? Sajian video yang bergulir sangat menarik karena konten kreator dituntut untuk bisa kreatif agar videonya dapat dinikmati orang banyak. Durasinyapun sangat beragam mulai dari 15 detik, 30 detik, 60 detik hingga bermenit-menit.

Dengan varian durasi yang fleksibel, membuat orang-orang yang menggunakan aplikasi ini lebih hemat kuota internet dan merasa diuntungkan. Selain itu, durasi video yang singkat juga tidak akan membuat orang bosan. Salah satu kegiatan rutin kami juga memproduksi konten-konten edukatif didalam TikTok ini. Jika Anda belum berteman.

4. Pembuatan Video Mudah

Kelebihan lainnya dari aplikasi TikTok adalah terkait dengan pemasaran adalah kemudahannya dalam memproduksi video. Pengguna dapat membuat, mengedit, dan meng-upload video langsung hanya dengan menggunakan aplikasi tersebut tanpa harus editing di PC ataupun di aplikasi lainnya.

Dengan keunggulan tersebut, banyak pengguna lebih tertarik untuk terus membuat konten TikTok tanpa perlu merasa kesulitan. Sama halnya dengan perusahaan, jika ingin membuat video, perusahaan bisa dengan mudah hanya menggunakan TikTok. Namun kreatifitas dituntut aktif terkait hal ini.