Keindahan Pasir Putih Pantai Sundak Jogja Dengan Fasilitas Umum yang Lengkap

  • 2 min read
  • Jan 08, 2020
Pasir Putih Pantai Sundak Jogja

Pantai Sundak Jogja berjarak sekitar 2 jam dari pusat Kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi. Selain melakukan perjalanan sendiri, Anda juga dapat menggunakan paket tour Jogja yang tersedia untuk berkunjung ke pantai ini.

Nama Sundak sendiri konon katanya berasal dari kejadian zaman dulu dimana ada seekor anjing yang berkelahi dengan landak. Gabungkanlah kedua namanya menjadi Sundak. Ketika itu, sang anjing yang sedang berlarian di sepanjang pantai kemudian masuk ke dalam sebuah gua. Di dalam gua tersebut ia bertemu dengan seekor landak air.

Melihat landak air itu, sang anjing ingin memakannya dan terjadilah perkelahian antara keduanya. Cerita ini yang diyakini oleh masyarakat sekitar sebagai asal muasal nama Sundak tercipta.

Objek wisata yang ada di Pantai Sundak Jogja

Selain alamnya yang asri, Pantai Sundak juga menawarkan hamparan pasir putih yang indah. Jika Anda tidak ingin terkena pasir saat menikmati pemandangan pantai, disini juga tersedia beberapa gazebo yang siap digunakan dengan tarif sewa sebesar Rp 10.000 hingga Rp 20.000 jika ingin sekaligus menyewa tikar. Namun di pantai ini tidak mengizinkan pengunjung untuk berenang, karena airnya yang dangkal dan hamparan karang di dasar pantai yang akan sangat berbahaya jika pengunjung berenang disana.

Pantai yang masih terbilang sepi ini memiliki batu karang yang sangat besar dan dapat dijadikan latar untuk foto-foto Anda bersama keluarga ataupun teman-teman. Bagi Anda yang mengunjungi destinasi wisata ini dengan mengikuti paket wisata jogja, tentu suasana akan semakin seru jika semua peserta tour bersenang-senang bersama.

Selain perjalanan satu hari, Anda juga dapat menginap di pantai ini. Untuk fasilitas warung makan dan penginapan tersedia juga, loh. Bagi Anda yang ingin menginap, tersedia beberapa penginapan kelas melati ataupun hotel-hotel kecil lainnya di sekitar pantai. Tarif yang diberikan pun cukup terjangkau.

Sedangkan warung makan yang tersedia disini memiliki variasi yang cukup banyak. Warung makanan utama maupun warung cemilan dan kelapa muda pun tersedia. Sambil menikmati angina dan suasana tenang dari pantai, cocok sekali jika dibarengi dengan minuman es kelapa muda.

Fasilitas umum lainnya yang tersedia di pantai ini adalah beberapa bilik kamar mandi dengan kebersihan cukup terjaga. Untuk menggunakan fasilitas ini, pengunjung dikenakan biaya terpisah dari tiket masuk yang sudah dibayar di awal dengan tarif Rp 5.000 per orang.

Bagi Anda yang ingin menginap di Pantai Sundak jogja, namun tidak ingin menyewa penginapan, Anda dapat membawa peralatan berkemah milik pribadi ke pantai ini karena tidak disediakan tempat menyewa alat kemah disana.

Spot untuk mendirikan tenda cukup luas, karena pengunjung yang datang belum terlalu banyak. Kebutuhan makanan juga dapat Anda penuhi dengan membeli makanan siap santap dari warung-warung yang tersedia. Tapi jika ingin membawa perbekalan sendiri juga tidak masalah, asalkan Anda tetap menjaga kebersihan lingkungan pantai dengan cara membuang sampah pada tempat yang telah disediakan pengurus pantai.

Jika Anda memiliki beberapa teman atau anggota keluarga yang juga ingin mengunjungi pantai ini, Anda dapat mengajukan open trip kepada jasa travel yang tersedia agar mereka membuka paket wisata jogja yang sesuai dengan keinginan Anda. Dengan mengikuti paket wisata yang ada akan membantu Anda dalam menghemat budget, karena jasa travel akan mengatur sedemikian rupa budget yang Anda keluarkan agar dapat digunakan dengan optimal.