Saat mengandung, ibu memberikan nutrisi yang dibutuhkan janin atau bayi untuk berkembang. Apa yang ibu makan akan menjadi makanan bayi secara tidak langsung melalui plasenta. Kebutuhan berbagai zat oleh bayi juga diambilkan dari zat yang terkandung di dalam badan ibu jika makanan ibu tidak mengandung zat penting dalam kadar cukup. Karenanya, kualitas makanan selama ibu hamil perlu diperhatikan agar bayi mendapatkan nutrisinya dengan baik tanpa perlu mengambil dari tubuh ibu. Jika tidak, maka tubuh ibu akan menjadi lemah dengan gejala rasa sering lemas bahkan pingsan karena nutrisi tubuhnya yang dialirkan untuk si kecil.

Bagi ibu yang pemilih makanan, mengalami malnutrisi untuk zat-zat tertentu bisa saja terjadi. Akan berbahaya jika ternyata zat yang kurang tersebut justru adalah zat yang juga dibutuhkan oleh bayi. Contohnya adalah zat besi yang banyak terkandung dalam sayuran. Ibu yang tak suka makan sayur atau kurang makan sayur padahal kebutuhan zat besi saat mengandung sangat tinggi akan mengakibatkan tubuhnya lemas. Zat besi penting untuk membentuk sel darah merah bagi bayi maupun ibu. Kekurangan zat besi akan fatal akibatnya sehingga ibu perlu mengkonsumsi suplemen zat besi.

Contoh lainnya adalah asam folat yang juga dibutuhkan janin untuk perkembangan otak. Kekurangan asam folat bisa mengakibatkan bayi lahir cacat atau prematur. Banyaknya zat yang dibutuhkan oleh bayi dan ibu ini membuat ibu perlu mengkonsumsi multivitamin ibu hamil paling lengkap yang mengandung bukan hanya zat atau dua zat saja namun juga banyak mineral penting lainnya untuk mendukung kebutuhan gizi ibu selama masa kehamilan.

Saat ini banyak multivitamin ibu hamil yang beredar di pasaran dimana Anda bisa membelinya langsung di apotik maupun melalui resep dokter. Jika Anda berkesempatan untuk membeli sendiri maka pilihlah multivitamin ibu hamil dengan DHA tinggi yang selain bisa memberikan asupan nutrisi sesuai kebutuhan tubuh ibu dan bayi juga memiliki kandungan DHA untuk perkembangan otak bayi. Multivitamin ibu hamil dengan dha ini akan memberikan manfaat yang lebih lengkap untuk ibu dan si kecil.