Jenis – jenis Penyakit Sinusitis

  • 2 min read
  • Dec 17, 2019
Jenis - jenis Penyakit Sinusitis

Sinusitis akan terjadi ketika rongga hidung atau paranasal mengalami peradangan. Dalam rongga hidung Anda, terdapat empat sinus. Sinus sinus tersebut dibedakan berdasarkan letaknya. Sinus yang berada di kedua mata adalah sinus etmoidalis, sinus maksilaris adalah sinus yang terletak di pipi, sinus yang terletak di belakang dahi adalah sinus sfenoidalis,lalu ada sinus frontalis yang terletak di dahi.

Macam Penyakit Sinusitis

Penyakit sinusitis merupakan penyakit yang akan membuat hidung Anda berlendir, sekitar wajah sakit, serta membuat hidung Anda tersumbat. Penyakit sinusitis dapat di atasi dengan Obat semprot hidung untuk sinusitis. Namun, sebelum menuju ke pengobatan, ada baiknya Anda mengenali jenis-jenis penyakit ini.

  1. Sinus Frontal

Sinus frontal merupakan sinus yang berada di dahi. Sinus ini mulai muncul sejak janin memasuki bulan keempat. Kemudian akan berkembang pada usia 8-10 tahun. Ukuran sinus frontal akan mencapai ukuran maksimal sebelum mencapai umur 20 tahun. Sinus frontal terdiri dari dua macam yaitu sinus frontal kanan dan sinus frontal kiri.

Kedua sinus tersebut dipisahkan oleh tulang yang tipis. Bila sinus frontal mengalami infeksi, maka infeksi akan menjalar ke daerah tulang tipis tersebut.

  1. Sinus Maksila

Sinus maksila adalah sinus yang memiliki ukuran terbesar daripada sinus yang lainnya. Sinus ini adalah sinus yang terletak di pipi. Bila Anda merasakan nyeri di bagian pipi, maka yang terinfeksi pastilah sinus maksila.

  1. Sinus Sfenoid

Sinus ini terletak di belakang dahi. Sehingga bila Anda mengalami sakit kepala yang luar biasa dan Anda memiliki riwayat sakit sinusitis, maka pastilah sinus sfenoid ini yang terkena infeksi.

  1. Sinus Etmoid

Sinus ini merupakan sinus yang terleta di kedua mata. Akan sangat membahayakan bila yang terinfeksi karena sinus ini meruakan fokus dari sinus-sinus lainnya.

Seringkali banyak orang yang kurang memahami bahwa dirinya mengidap penyakit sinusitis. Sinusitis identik dengan hidung tersumbat sehingga orang salah menginterpretasikannya menjadi penyakit pilek atau flu biasa. Salah satu pembeda antara sinusitis dan pilek adalah sinusitis disertai dengan mual. Anda bisa berikan vometa sirup obat muntah anak jika gejala mual tersebut menyerang anak Anda.