Jenis Artikel dan Manfaat Menulis Artikel Dibayar Loh

  • 2 min read
  • Dec 20, 2019
Pengertian dan Juga Jenis Artikel yang Perlu Anda Ketahui

Untuk anda yang sering melakukan pencarian di Google tentunya Anda tidak asing lagi dengan yang namanya artikel, tapi perlu anda ketahui artikel bukan hanya yang termuat di internet atau Google saja, tapi artikel ini adalah sebuah bacaan yang yang tersedia dalam banyak media, entah itu pada koran, majalah ataupun bacaan lainnya, lalu apa sih pengertian dari pada artikel, artikel merupakan suatu karya tulis dengan panjang tertentu yang berisi gagasan atau fakta yang dapat  membujuk, meyakinkan, menghibur dan juga mendidik untuk pembacanya, artikel biasanya di terbitkan dalam beberapa media, seperti buletin, website, media sosial, koran, majalah, dan masih banyak lagi, untuk anda yang ingin menulis artikel, anda juga bisa menulis artikel dibayar oleh sebuah perusahaan yang bergerak di bidang tersebut.

Isi yang di sampaikan di dalam artikel biasanya tergantung pada topik yang di bahas, misalnya: informasi sejarah, sebuah pengertian, hasil observasi atau penelitian, argumen terhadap isu, cara membuat sesuatu dan juga tentang pengalam dari seseorang, artikel ini memiliki banyak sekali ciri, masih menyangkut dari pada penjelasan artikel, artikel juga memiliki banyak sekali ciri khusus di antaranya yaitu:

  • Ringkas, padat, jelas dan tuntas.
  • Artikel biasanya berisikan fakta bukan hanya fiktif atau mitos mitos yang berkembang di masyarakat.
  • Artikel bersifat informatif dan juga faktual.
  • Tidak hanya fakta artikel juga biasanya mengandung opini namun harus berdasarkan teori dan juga data yang valid.
  • Artikel menggunakan bahasa yang resmi atau baku.
  • Susunan penulisan artikel di buat secara sistematis.

Berikutnya di sini saya akan membahas jenis jenis dari pada artikel yang perlu anda ketahui, dan berikut ini adalah ulasannya:

  1. Narasi, artikel ini merupakan artikel yang isinya menceritakan tentang rangkaian peristiwa secara sistematis atau memiliki alur cerita seperti awal, teng ah dan akhir. Dalam artikel ini terdapat tokoh, konflik, dan juga penyelesaian masalah.
  2. Deskripsi, artikel ini merupakan artikel yang mendeskripsikan atau menggambarkan tentang suatu hal kepada pembaca.
  3. Argumentasi, merupakan artikel atau karangan yang memiliki tujuan untuk membuktikan kebenaran sebuah pendapat dengan menyajikan bukti fakta sebagai alasan penguat argumen, di dalam artikel ini memiliki unsur opini dan juga fakta yang dapat mendukung opini tersebut.
  4. Persuasi, yaitu artikel atau karangan yang memiliki isi yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca, sehingga para pembaca dapat terpengaruh dan juga bersedia melakukan apa yan g di anjurkan oleh penulis. Biasanya artikel ini di gunakan pada saat kampanye, seperti kampanye anti narkoba, dan juga lain sebagainya.
  5. Eksposisi, jenis artikel ini merupakan sebuah karya tulis yang menjelaskan atau memberikan informasi mengenai suatu topik agar menambah pengetahuan pembaca, artikel ini di lengkapi dengan gambar, grafik serta informasi lainnya.

Berikut ini adalah tujuan dari artikel, penulisan sebuah artikel pastinya memiliki tujuan masing-masing entah itu untuk pembacanya  atau untuk penulisnya itu sendiri, berikut ini adalah beberapa tujuan dari artikel yaitu sebagai berikut:

  • Sebagai sarana untuk menyampaikan gagasan, kepada masyarakat luas.
  • Sebagai sarana penyebar pemikiran ilmiah.
  • Cara menjelaskan atau membahas suatu masalah.
  • Memberikan dampak akademik atau pengajaran kepada penulis atau pembaca.

Itulah beberapa pengertian dan juga jenis jenis dari pada artikel, lakukan observasi lebih mendalam untuk mempersiapkan diri mengikuti lomba menulis 2020, semoga bermanfaat.