Konser musik telah menjadi salah satu hiburan pilihan setiap generasi. Baik untuk acara penggalangan dana, sebagai ajang promo produk, jasa, atau tempat usaha tertentu, sebagai pendukung acara pernikahan, sebagai acara kelulusan atau perpisahan sekolah, sebagai kegiatan rutin agama tertentu, sebagai perayaan ulang tahun kaum berduit, hingga yang terbaru adalah sebagai ajang kampanye pemilihan presiden.

Dalam mengadakan konser musik, tak sesederhana seperti yang dibayangkan. Banyak hal yang perlu dipersiapkan secara matang, seperti persiapan dana yang mampu mem-back up seluruh kebutuhan konser dari awal hingga akhir acara, penentuan lokasi diadakannya konser, persiapan tim dan kekompakan penyelenggara, persiapan material dan alat pendukung, serta persiapan daya listrik yang akan digunakan dalam mendukung keberlangsungan acara.

Dana dan material harus dipersiapkan dan diperhitungkan dengan baik. Jangan sampai penggunaan material melebihi anggaran yang dimiliki. Jika setelah dilakukan estimasi dan didapati anggaran tidak cukup untuk meng-cover seluruh kebutuhan penyelenggaraan konser, biasanya diperlukan kreativitas penyelenggara dan tim untuk mengurangi penggunaan material dan alat pendukung, namun tetap memperhatikan kebutuhan-kebutuhan utama agar acara konser tetap berjalan baik sesuai rencana awal. Dana yang dianggarkan untuk konser, juga harus disisakan beberapa rupiah sebagai cadangan adanya kebutuhan dadakan yang sekiranya terlewat dimasukkan di dalam list rencana.

Dalam hal penyediaan dana, jika beruntung, kekurangan dana bisa didapatkan melalui dukungan dari sponsor. Keberhasilan menggaet sponsor bergantung pada kekreatifan tim dalam mengajukan proposal acara kepada setiap sponsor yang sekiranya produk atau jasa mereka sesuai dengan acara konser yang akan diadakan. Jika dana telah mencukupi kebutuhan penyelenggaraan konser, maka tugas tim selanjutnya adalah mengatur keberlangsungan konser, sehingga bisa berjalan dengan baik.

Salah satu hal yang paling penting dalam sebuah konser adalah pada ketersediaan listrik. Terlebih acara konser musik tentunya menggunakan cukup banyak perangkat elektronik yang saling berkaitan untuk mendukung keberlangsungan acara. Maka dari itu, guna mengantisipasi mati listrik akibat turun daya, perlu juga dipersiapkan cadangan generator kelistrikan untuk menghindari kemungkinan-kemungkinan yang tidak diharapkan terjadi. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai generator listrik, dapat di klik disini.