Fungsi Menggunakan Fitting Pipa dalam Instalasi Perpipaan

  • 2 min read
  • May 05, 2020
Fitting Pipa

Dalam dunia perpipaan tentu saja tidak bisa terlepas dari yang namanya fitting pipa. Hal ini karena fitting pipa sendiri memiliki fungsi yang sangat penting. Lalu apa sih itu fitting pipa? Fitting pipa meruapakan komponen penting yang dipakai dalam proses instalasi pada sistem perpipaan. Setelah kemarin saya membahas tentang berbagai macam jenis fitting pada pipa, kini saatnya saya akan membahas tentang manfaat dari dilakukannya fitting pipa.

Manfaat dan Fungsi Fitting Pipa

1. Membelokkan Aliran Air

Fungsi pertama dilakukannya fitting pipa adalah guna membelokkan aliran air. Dalam membuat aliran air tentu saja tidak akan lurus terus alirannya kan? pasti juga dibutuhkan belokkan aliran air, nah inilah fungsi dari fitting pipa. Biasanya fitting pipa yang dilakukan untuk membelokkan air adalah digunakan fitting elbow. Dalam dunia perpipaan, pipa bisa dibelokkan hingga 90 derajat.

2. Membagi Aliran Air

Selain membelokkan aliran air, fungsi dari adalah untuk membagi aliran air. Jadi tidak hanya bisa dibelokkan saja melainkan juga bisa dibagi menjadi maksimal 3 cabang aliran air. Hal ini karena pembagian aliran air pada pipa ini kebanyakan berbentuk “T”, jadi bisa dibagi maksimal 3 aliran air.

3. Menggabungkan Dua Buah Pipa

Dalam dunia instalasi perpipaan tentu saja tidak akan terdiri dari 1 buah pipa saja, pastinya juga terdiri dari lebih dari 1 pipa. Nah fungsi dari fitting pipa disini adalah untuk menggabungkan dua buah pipa atau lebih agar bisa terhubung.

4. Mengurangi Aliran Air

Selain membagi dan menggabungkan aliran air, fitting pipa juga bisa berguna untuk mengurangi aliran air. Mengurangi disini berarti dari awalnya aliran air yang deras dibuat agar volume air menjadi lebih berkurang. Tentu saja dibutuhkan dua buah pipa dengan ukuran yang berbeda untuk bisa melakukan hal ini.

5. Menghentikan Aliran Air

Fungsi fitting pipa yang terakhir adalah untuk menghentikan aliran air. Dalam dunia perpipaan tentu saja tidak mungkin air akan terus mengalir kan? Nah untuk itu dibutuhkan fitting pipa agar aliran air bisa berhenti.

Dengan mengetahui fungsi dan manfaat penggunaan dalam instalasi perpipaan membuat Anda akan lebih mudah dalam pengaplikasikannya ketika ingin instalasi saluran air di rumah atau gedung.