Fakta Mengejutkan Tentang Jantung yang Perlu Anda Ketahui

  • 2 min read
  • Dec 18, 2020
Fakta Mengejutkan Tentang Jantung yang Perlu Anda Ketahui

Nafas dan jantung adalah elemen penting kehidupan manusia menurut orang zaman dahulu. Tapi tidak banyak yang tahu bahwa sesungguhnya jantung memiliki tugas yang luar biasa bagi tubuh kita. Tak ayal jantung menjadi salah satu elemen penting manusia untuk bertahan hidup.

Fakta-fakta Mengejutkan Tentang Jantung

  • Jantung Anda memiliki impuls listriknya sendiri sehingga terus berdetak saat dipisahkan dari tubuh Anda selama masih ada oksigen.
  • Detak jantung manusia dewasa sebanyak 100.000 kali setiap hari. Faktanya, jantung memiliki kemampuan untuk berdetak lebih dari 3 miliar kali dalam kehidupan seseorang.
  • Hati Anda seukuran kepalan tangan Anda. Ukuran jantung tergantung pada ukuran orang serta kondisi jantungnya.
  • Penyakit kardiovaskular adalah ancaman kesehatan terbesar Anda. Apalagi untuk wanita.
  • Gejala serangan jantung bisa berbeda pada pria dan wanita. Meskipun pria dan wanita dapat bisa memiliki gejala yang sama, tetapi secara spesifik ada perbedaan. Pria cenderung merasakan gejala nyeri dada, sementara wanita yang terserang penyakit jantung mengalami lelah yang tidak wajar, gangguan tidur, pusing, dan kecemasan. Tidak semua serangan jantung dimulai dengan tanda peringatan yang umum, jadi penting untuk mewaspadai gejala umum dan segera hubungi dokter jika Anda merasa ada yang tidak beres.
  • Tingkat olahraga dan aktivitas merupakan salah satu faktor risiko potensial terbesar untuk penyakit jantung. Sementara fisik yang cenderung pasif menyebabkan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Olahraga teratur, sekitar 150 menit seminggu, disertai diet jantung sehat adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit jantung.
  • Jantung Anda adalah otot yang bekerja paling keras. Dimana melakukan pekerjaan paling fisik dari otot mana pun selama seumur hidup. Jantung Anda terus menerus memompa energi ke seluruh tubuh Anda. Meski bisa saja jantung Anda melemah karena kondisi tertentu, tidak akan pernah lelah.
  • Pertanyaan unik bagi kebanyakan orang, dimana letak jantung? Jawabannya terletak di tengah dada. Anda mungkin masih mengira jantung terletak di sisi kiri dada Anda. Jantung Anda sebenarnya terletak di tengah-tengah dada Anda dengan bagian terbesar jantung Anda di sisi kiri. Paru-paru kiri Anda lebih kecil dari paru-paru kanan untuk memberi ruang bagi jantung.
  • Jantung wanita berdetak lebih cepat dari jantung pria. Sekitar delapan denyut per menit lebih cepat. Karena hati wanita lebih kecil dari hati pria. Semakin kecil jantungnya, semakin banyak detak yang dibutuhkan untuk memompa jumlah darah yang sama.
  • Jantung Anda tidak benar-benar berhenti berdetak saat Anda bersin. Anda mungkin pernah mendengar pernyataan itu beberapa kali. Perubahan tekanan di dada Anda setelah bersin mengubah aliran darah Anda, yang dapat mengubah ritme detak jantung Anda, tetapi itu tidak menghentikannya untuk sementara.
  • Sekitar 75 triliun sel menerima darah dari jantung Anda. Faktanya, hanya kornea mata Anda yang tidak menerima darah dari hati Anda.
  • Jantung Anda memompa sekitar 2.000 galon darah setiap hari. Selama hidup seseorang, jantung memompa sekitar 1 – 1,5 juta barel darah.

Kematian akibat penyakit jantung sebenarnya menurun

Selama 40 tahun terakhir, jumlah kematian akibat penyakit jantung telah menurun hingga 60%. Mungkin karena metode pencegahan dan pengobatan lebih baik. Misalnya, semakin sedikit orang merokok dan lebih banyak orang yang dapat mengontrol kondisi seperti tekanan darah tinggi. Beberapa dokter jantung bahkan berpikir bahwa manusia mungkin akan terhindari dari penyakit jantung di masa depan. Namun, penyakit jantung saat ini masih menjadi penyebab utama kematian di beberapa negara.

Mengunyah aspirin membantu selama serangan jantung

Aspirin dapat membantu mencegah kerusakan akibat serangan jantung. Jika Anda mengalami tanda-tanda serangan jantung, hal pertama yang harus dilakukan adalah menelepon ambulans. Selanjutnya, kunyah satu aspirin 325 miligram sambil menunggu ambulans. Sebagian besar serangan jantung terjadi akibat gumpalan yang terbentuk saat plak pecah di arteri yang memasok darah ke jantung. Aspirin membantu menghilangkan gumpalan. Penelitian menunjukkan bahwa mengunyah pil bekerja lebih cepat daripada menelannya.