Tangki air yang berkualitas mampu bertahan hingga 10 tahun lebih. Namun, terkadang, ada saja masalah yang membuat kinerja tangki air menjadi terganggu. Padahal, harga tangki air yang dibeli tidak bisa dibilang murah.

Pernahkah anda mengalami, dimana air dalam tangki tiba-tiba lebih cepat habis? Padahal cara penggunaannya tak jauh berbeda seperti biasanya. Hal pertama yang terpikir pastinya adalah kebocoran pada tangki.

Ya, tangki yang bocor seringkali menjadi momok paling mengerikan ya. Membayangkan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli tangki baru, bukanlah hal yang menyenangkan. Kebocoran pada tangki biasa terjadi jika tangki sudah terlalu lama digunakan. Seperti yang diketahui, kebanyakan tangki air ditempatkan di luar ruangan. Dimana, panas dan hujan menyerang silih berganti. Tangki air dengan bahan fiberglas adalah jenis tangki air yang paling sering terjadi kebocoran.

Hal ini karena, serangan cuaca yang terus menerus dalam jangka panjang dapat mengikis lapisan terluarnya. Belum lagi beban yang harus ditanggung setiap harinya juga berat. Tak heran jika dinding tangki yang using sangat rentang mengalami keretakan atau kebocoran.

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tangki air yang bocor, tanpa harus membeli tangki yang baru? Tips dan trik mengatasi masalah tangki air bisa anda pelajari lebih lanjut di @penguin_id. Namun sebelumnya berikut beberapa hal mudah yang bisa Anda lakukan guna mengatasi kebocoran pada tangki air Anda.

Hal yang paling mudah dan sederhana adalah dengan menambal bagian tangki yang bocor dengan lem khusus. Anda dapat membelinya di toko-toko yang menjual tangki air. Atau, coba cari di toko-toko online. Sudah banyak yang menjajakan lem khusus untuk tangki bocor disana.

Sebelum mengaplikasikan lem pada bagian yang bocor, Anda harus membersihkan bagian tangkina terlebih dahulu. Karena, lem tak akan bekerja optimal pada permukaan tangki yang kotor.

Bagaimana jika tak ditemukan ada bagian yang bocor pada tangki? Apa yang membuat air dalam tangki tiba-tiba menjadi lebih cepat habis?

Coba cek bagian klepnya. Ya, di salah satu sambungan pipa yang menghubungkan tangki air dengan pipa saluran air, terdapat klep khusus. Klep ini sesungguhnya berfungsi untuk menutup bagian tangki, agar air tak kembali turun atau keluar melalui pipa saluran air. Nah, apabila klep ini rusak dan tak berfungsi, maka air yang seharusnya tinggal didalam tangki, akan kembali tersedot karena daya gravitasi.

Penguin merupakan salah satu produsen tangki air yang sudah berdiri lebih dari 30 tahun. Dengan mengantongi standar SNI, Penguin menjamin kualitas terbaik yang diberikan melalui produk-produknya yang beragam. Harga tangki air penguin pun cukup bersaing. Hingga kini, penguin terus melakukan pengembangan dan inovasi, agar dapat melahirkan produk unggulan untuk masyarakat. Tenukan berbagai pilihan tangki air Penguin di akun Instagram resminya @penguin_id serta tips merawat tangki air lainnya di https://www.facebook.com/penguinID/