Begini Cara Tingkatkan Trombosit pada Penderita DB

  • 2 min read
  • Apr 26, 2019
Begini Cara Tingkatkan Trombosit pada Penderita DB

Bagi penghuni kawasan negara tropis, masalah demam berdarah merupakan hal yang cukup serius. Pasalnya, penyakit ini disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti yang telah terinfeksi oleh virus dengue. Meski bukanlah kejadian yang luar biasa, namun pasien demam berdarah selalu ada dan muncul tiap tahunnya, terutama menjelang musim penghujan tiba.

Seorang yang terserang demam berdarah, pada umumnya dapat dicurigai dan didiagonosis melalui tes darah. Gejala tersebut baik berupa demam yang mendadak. Mual, lemah, dan juga sakit kepala. Terkadang, juga muncul bintik merah di kulit. Lebih parahnya lagi, terjadi pula kebocoran plasma yang berakibat penurunan trombosit. Oleh karena itu, siapapun harus waspada dan menjaga lingkunganya termasuk ibu hamil. Dimulai dari menjaga kestabilan zat besi dalam tubuh karena pentingnya zat besi untuk kehamilan dan mencegah anemia dan menerapkan 3M terhadap lingkungannya.

Lalu, bagaimana jika ada saudarah yang terlanjur terinfeksi virus dengue? Pertama-tama, jangan panik dan kenali gejalanya. Apabila benar-benar gejala demam berdarah, segera bawa ke dokter untuk penanganan yang lebih serius. Kondisi paling berbahaya ketika virus dengue tersebut menyerang tubuh adalah kebocoran plasma. Jika hal ini terjadi, maka semua zat akan keluar dari plasma muali dari air, gula, protein, ion, dan trombosit. Pertanda keluarnya trombosit dari plasma berupa munculnya bintik-bintik merah pada kulit. Untuk itu, pasien harus mendapat perhatian khusus supaya hal tersebut dapat teratasi.

Nah, salah satu cara alami yang dapat dilakukan keluarga adalah memastikan jumlah trombosit dalam darah cukup. Cara meningkatkan trombosit pada demam berdarah yaitu dengan mengonsumsi jus jambu biji merah. Tak hanya buahnya, penderita demam berdarah juga bisa mengonsumsi ekstrak jambu biji merah ini guna meningkatkan trombosit. Jika tidak mau repot dengan pembuatan ekstraknya, kini telah ada suplemen daun jambu biji merah dalam kemasan.

Lebih lanjut, waspadai penyebaran virus dengue dengan membasmi tempat-tempat yang disukai oleh nyamuk seperti genangan air bersih dan tenang. Apabila mendapati gejala demam berdarah, segera pergi ke dokter. Jangan sampai terlambat ya!