Bagaimana Alat Bantu Dengar Bekerja?

  • 2 min read
  • Jun 17, 2019
Alat Bantu Dengar

Sebelum masuk ke pembahasan bagaimana cara kerja alat bantu dengar, lebih dulu kita ulas apa yang dimaksud dengan alat bantu dengar. Alat bantu dengar merupakan alat yang dirancang agar komunikasi orang dengan gangguan telinga bisa lebih lancar dilakukan. Komunikasi yang dimaksudkan adalah komunikasi dua arah, yakni jelas ketika mendengarkan dan jelas ketika menjalani komunikasi.

Cara Kerja Hearing Aid

Alat bantu dengar sebenarnya memiliki peranan sebagai penguat sinyal ketika ada lawan bicara dalam sebuah komunikasi. Untuk memperjelas suara lawan ketika bicara, alat bantu dengar juga memiliki fungsi meredam kebisingan yang mengganggu percakapan di sekitar Anda. Cara kerjanya kurang lebih sama seperti microphone, di mana tugasnya mengeraskan suara si penggunanya.

Teknologi yang Dikembangkan

Semakin berkembang zaman, teknologi untuk alat bantu dengar pun semakin mantap dikembangkan. Dengan menggunakan alat bantu dengar, siapa pun penderita gangguan pendengaran akan mudah menerima percakapan bukan hanya dari komunikasi langsung, namun dari beberapa sumber suara. Bisa komunikasi yang dilakukan melalui telepon, komputer, radio, televisi, dan berbagai sumber lainnya.

Elemen pada Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar memiliki beberapa elemen penting yang harus Anda ketahui, di antaranya:

  • Adanya microphone yang bertugas mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik. Ini membantu memperjelas suara pada telinga di pengguna.
  • Amplifier memiliki peranan sebagai pembesar volume suara yang sampai di telinga pemakai alat bantu dengar. Tujuannya tentu supaya suara lebih jernih tertangkap si pengguna.
  • Receiver berperan meneruskan kerja amplifier, yakni sama-sama mengeraskan suara yang datang.
  • Alat bantu dengar juga menggunakan baterai sebagai daya supaya dari awal sampai akhir pengguna bisa menerima dan melakukan komunikasi dengan baik.

Itu dia berbagai informasi penting terkait bagaimana alat bantu dengar itu bekerja. Jika ada orang sekitar Anda yang membutuhkan alat bantu dengar gratis, Anda bisa membantu dengan memilihkan alat bantu dengar di pusatalatdengarmelawai.com. Di sana Anda bisa memilih sendiri alat bantu dengar seperti apa yang hendak digunakan. Tidak perlu berbelanja ke toko karena Anda akan dimudahkan oleh fasilitas belanja online. Soal kualitas pun tidak main-main dan tidak perlu diragukan lagi.