Pada dasarnya, fintech bisa menjadi alternatif terbaik bagi kamu yang butuh pinjaman uang tunai dalam waktu cepat untuk berbagai kebutuhan. Dilihat dari fungsi dan akses kredit yang ditawarkan, fintech juga lebih unggul dibanding lembaga pinjaman lain karena lebih inovatif. Kredivo misalnya, yang tidak hanya dapat digunakan untuk pinjam uang tunai, tapi juga bisa dipakai untuk transaksi bayar nanti dan cicilan s.d 12 bulan di berbagai e-commerce ataupun merchant offline.

Namun sayangnya, karena rekam jejak oknum fintech ilegal yang ramai diberitakan beberapa bulan belakangan membuat orang jadi khawatir untuk menggunakan jasa fintech. Mungkin, kamu salah satunya? Padahal, pinjam uang atau kredit dengan menggunakan fintech bisa lebih menguntungkan asalkan dilakukan dengan mengingat 4 hal berikut ini:

Tujuannya bukan untuk kebutuhan konsumtif

Pinjam uang tunai ke fintech buat belanja-belanja atau beli hp baru, boleh nggak sih? Untuk menjawab pertanyaan ini, sebenarnya kembali lagi pada kebutuhan dan kondisi keuangan kamu saat ini. Apakah belanja atau beli hp baru tersebut benar-benar dibutuhkan? Apakah kondisi keuangan kamu masih stabil untuk bisa bayar angsuran pinjamannya? Jika hanya untuk memenuhi keinginan dan ego semata, sebaiknya jangan menambah beban keuangan dengan pinjam uang ke fintech. Belanja dan ganti gadget baru memang bisa jadi rekreasi tersendiri bagi sebagian orang. Tapi, buat apa dilakukan kalau nantinya malah bikin keuangan jadi sulit?

Kecepatan proses dan pencairan pinjaman di fintech sebaiknya dimanfaatkan untuk hal-hal yang sifatnya darurat atau produktif. Darurat yang dimaksud di sini adalah hal yang tidak bisa ditunda seperti kebutuhan rumah sakit, biaya sekolah, dan sejenisnya. Sementara yang dimaksud produktif adalah aktivitas yang sifatnya menghasilkan misal: berbisnis kecil-kecilan.

Memilih fintech yang legal dan memiliki tingkat suku bunga rendah

Kondisi lagi kepepet dan butuh pinjaman uang tunai cepat lalu bisa dapat akses pinjaman dengan bunga angsuran hanya 2,95% per bulan? Ini juga jadi salah satu keunggulan dan keuntungan pinjam uang ke fintech berbunga rendah seperti Kredivo.

Di Kredivo, jenis pinjaman tunai terbagi menjadi dua: pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Pengguna Premium yang sudah mendapatkan limit di akun Kredivo-nya, bisa dengan mudah mencairkan limit dalam bentuk pinjaman tunai lewat dua fitur ini. Kalau jumlah pinjaman yang dibutuhkan kecil, maka gunakan fitur pinjaman mini dengan minimal jumlah pengajuan pinjaman sebesar 500 ribu dalam tempo 30 hari. Kalau jumlah pinjamannya besar, maka pilih fitur pinjaman jumbo dengan minimal jumlah pengajuan pinjaman sebesar Rp 1 juta dengan opsi tenor 3 bulan atau 6 bulan. Untuk pengguna Premium, limit kredit yang diberikan Kredivo bisa mencapai hingga Rp 30 juta. Artinya, jumlah pinjaman yang diajukan lewat fitur pinjaman jumbo oleh pengguna Premium juga bisa mencapai hingga 2 digit, maksimal sebesar limit yang tersedia untuk tenor 6 bulan.

Kredivo adalah salah satu fintech dari 113 total fintech yang sudah terdaftar di OJK. Bahkan, Kredivo sudah terdaftar sejak 21 Maret 2018 sekaligus menjadi fintech atau produk pembayaran kredit digital pertama yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, jangan sampai lengah ya, selain bunga yang rendah, pastikan juga bahwa fintech yang akan digunakan memiliki izin dan sudah terdaftar di OJK.

Tidak menggunakan lebih dari satu aplikasi fintech dalam waktu bersamaan

Saat ini, ratusan aplikasi fintech pinjaman uang tunai beredar dengan leluasa di Google Play Store atau App Store. Tapi, per 7 Agustus 2019, hanya 113 fintech yang resmi tercatat dan memiliki izin dari OJK.

Jika kamu sudah memilih untuk menggunakan satu aplikasi fintech, maka sebaiknya jalani dan selesaikan dulu tanggungan pinjaman di fintech tersebut. Jangan download atau gunakan aplikasi fintech lain dalam waktu bersamaan apalagi meminjam lebih dari kebutuhan atau kemampuan keuangan. Alih-alih bisa membantu menutup kebutuhan, kalau menggunakan lebih dari satu fintech sekaligus malah bisa bikin kondisi keuangan jadi sulit. Apalagi kalau tempo tagihannya berdekatan. Dengan setia pada satu aplikasi fintech saja dan memiliki catatan pembayaran yang baik, ini akan membantu skor kredit kamu tetap positif dan kondisi keuangan stabil.

Selalu waspada pada tawaran pihak ketiga di luar fintech 

Di mana ada inovasi teknologi, di situ pula biasanya jadi celah bagi oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan tersendiri. Fintech pun tidak luput dari oknum sejenis ini. Maka dari itu, agar tetap aman dalam menggunakan jasa fintech, kamu perlu selalu waspada terhadap segala jenis tawaran dari pihak lain atau yang mengaku-ngaku dari fintech yang kamu gunakan. Jangan berikan akses login maupun OTP ke akun aplikasi fintech-mu kepada siapa pun. Sebab, fintech yang legal dan kredibel tidak akan pernah meminta akses login yang sifatnya rahasia kepada nasabahnya.

Apabila fintech-nya sejenis Kredivo yang memberi limit nontunai, maka kamu juga perlu waspada terhadap tawaran pencairan limit dari pihak luar. Sebab bisa dipastikan hal tersebut adalah bentuk penipuan. Jika ingin mencairkan limit, satu-satunya jalan yang resmi dan legal di Kredivo adalah dengan menggunakan fitur pinjaman mini atau pinjaman jumbo saja.

Yuk, jadi pengguna fintech yang cerdas agar bisa tetap aman dan untung!