5 Kriteria Jasa Pembuatan Website Terbaik untuk Toko Online

  • 2 min read
  • Jun 19, 2019
Jasa Pembuatan Website

Apakah perlu membangun website untuk toko online saat ini? Kan sudah ada marketplace. Jawabannya, tentu saja sangat penting. Marketplace itu ibarat stand, sedangkan toko online adalah markas besar Anda. Sebelum buka toko online, pasti butuh jasa pembuatan website dulu, kan? Berikut kriteria jasa website terbaik untuk keperluan pembuatan toko online.

  1. Menggunakan Hosting Terbaik

Kriteria ini wajib dimiliki sebelum Anda memilih jasa website. Jika domain adalah identitas bisnis Anda, maka hosting adalah tempat berkumpulnya calon pembeli Anda. Website yang baik tidak hanya bagus dari segi penampilan. Akan tetapi, bagus pula dari segi fondasinya. Mulai dari uptime, kecepatan loading, keamanan data, serta legalitasnya.

Biasanya, jasa website terbaik akan memberikan beberapa penawaran pada Anda. Jadi, soal pilihan hosting 100% diserahkan pada Anda. Jika Anda baru dalam hal pembuatan toko online, pasrahkan saja pada si penyedia jasa. Mereka jauh lebih tahu karena memang sudah pekerjaan sehari-harinya. Pastikan Anda memilih jasa yang sudah punya reputasi bagus, ya.

  1. Kecepatan Loading Bagus dan Halaman Website Sangat Responsif

Pada aturan Google versi terbaru, syarat agar tembus halaman pertama salah satunya memiliki kecepatan loading yang bagus. Sebab, Google mulai memfokuskan diri untuk menampilkan website terbaik di halaman pertama berdasarkan pengalaman pengguna. Kalau loading-nya saja lambat, maka pengunjung yang baru datang jadi tidak tertarik menelusuri website Anda lebih jauh lagi.

Selain soal kecepatan loading, perihal website yang responsif juga perlu dipertimbangkan. Bisakah jasa pembuatan website pilihan Anda melakukannya? Jika tidak, sebaiknya pilih yang lain, ya. Soalnya para pengunjung yang hendak mampir ke website Anda pasti menggunakan bermacam-macam browser. Tidak hanya pakai browser bawaan.

  1. Fitur Pembayaran Sudah Otomatis

Suatu website baru bisa disebut sebagai toko online kalau sudah serba otomatis. Pengunjung bisa pilih-pilih barang, membeli, kemudian tinggal menunggu barang datang. Jadi, tidak perlu menanyakan soal rekening lagi untuk proses transaksi. Jika pelayanan masih menggunakan WA, namanya belum full toko online, melainkan semi toko online.

Di marketplace besar rata-rata sudah menggunakan fitur pembayaran seperti ini. Bagusnya lagi kalau sudah tersedia rekening bersama. Jadi, calon pembeli bisa memilih jenis bank apa yang hendak dikirimi uang. Toko online yang bagus juga harus menyediakan invoice otomatis serta auto responder untuk meningkatkan nilai bisnis Anda.

  1. Memfasilitasi Pembuatan Logo

Meski tidak wajib, tapi jasa website yang memfasilitasi pembuatan logo perlu diprioritaskan. Sebab, logo itu berperan sangat penting saat Anda sudah terjun ke ranah penjualan online. Adanya logo bisa meningkatkan brand image bisnis Anda. Tingkat penjualan bisa naik hingga 2 kali lipat ketimbang berjualan tanpa menggunakan merek berlogo sama sekali.

Untuk itu, sediakan bujet tambahan agar hasil desain logonya sesuai keinginan Anda. Jadi jangan digabung antara pembuatan logo dengan website. Oleh karena itu, pilih jasa website yang proses pengerjaannya pakai tim. Ada yang bertugas membenahi tampilan halaman antar-muka, logo, dan lain-lain

  1. Memberikan Pelayanan yang Ramah

Pelayanan yang ramah menandakan jasa tersebut memang difungsikan untuk kepentingan orang lain. Selain itu, pasti akan timbul rasa senang karena bisa berkomunikasi dengan baik. Kalau ada apa-apa, Anda tinggal bilang tanpa sungkan. Kalau yang melayani saja judes, apakah Anda merasa nyaman dan percaya pada penyedia jasa tersebut?

Setiap jasa pembuatan website memiliki ciri khas masing-masing. Cara paling mudah menemukan mereka adalah dengan berkunjung ke marketplace khusus freelancer. Misalnya ke Fastwork. Sebab, di sanalah tempat berkumpulnya beragam desainer dari latar-belakang yang berbeda-beda.