4 Pertimbangan Sebelum Membeli Software Akuntansi

  • 3 min read
  • Jul 29, 2020
Software Akuntansi

Di era serba internet yang cepat, Anda sebagai pengusaha harus mempertimbangkan untuk membeli software akuntansi sebagai tools yang akan membantu Anda bertahan di tengah pesatnya arus industri yang memiliki nama lain 4.0 ini. 

Software akuntansi sejatinya merupakan investasi jangka panjang sehingga perlu pertimbangan yang matang. Karena jika tidak, Anda akan mengalami kegagalan investasi yang mengakibatkan kerugian pada bisnis Anda.

Satu hal dasar yang perlu Anda pahami dalam memilih accounting software adalah kemudahan. Karena sejatinya sebuah software bukan hanya diperuntukkan untuk yang mengerti IT, namun juga digunakan oleh user lainnya, dalam hal ini adalah akuntan atau manajer keuangan.

Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut pertimbangan Anda sebelum membeli atau berinvestasi pada software akuntansi.

Kesesuaian budget dan Jenis Usaha yang Anda Jalankan

Pertimbangan pertama ini menjadi penting karena jika tidak sesuai budget, kapasitas produksi, atau jenis usaha yang dijalankan, penggunaan software akuntansi bisa saja sia-sia, bahkan menjadi boomerang bagi bisnis Anda.

Analoginya seperti ini, setiap hari Anda memproduksi dan menyimpan 100 bungkus makanan beku, namun Anda membeli penyimpanan untuk kapasitas 50.000 bungkus makanan yang memiliki daya listrik yang lebih besar. Akan ada banyak pengeluaran sia-sia dan cenderung merugikan Anda.

Satu pertanyaan ketika Anda ingin membeli software akuntansi: “Apakah saat ini Anda membutuhkannya?”

Jika kapasitas produksi, transaksi atau bahkan Anda masih mampu mengatur arus keuangan Anda dengan cara manual, lebih baik Anda urungkan membeli software akuntansi.

Namun jika proyeksi bisnis Anda, kapasitas produksi dan penjualan akan semakin banyak di tahun kelima misalnya, maka di tahun ketiga Anda perlu mempertimbangkan untuk membeli software akuntansi.

Bagaimana dengan jenis bisnis? Jika usaha Anda adalah membuka franchise, memiliki cabang, atau bahkan perusahaan yang bisa dibilang memiliki perputaran uang yang cepat dalam satu periode, maka aplikasi atau software akuntansi menjadi barang wajib yang harus dimiliki di tubuh bisnis Anda.

Ketahui Fitur Dasar yang Dimiliki Software Akuntansi

Hal penting lainnya adalah fitur dasar yang dimiliki software akuntansi itu sendiri. Setidaknya dalam software akuntansi harus mampu mencatat dan membuat laporan transaksi keuangan, laporan pembelian beserta hutangnya dan laporan penjualan serta piutangnya. Tiga fungsi dasar ini setidaknya harus ada dalam software akuntansi.

Bagaimana software akuntansi terbaik yang bisa Anda miliki?

Software akuntansi yang baik memiliki fitur lengkap penunjang segala bisnis misalnya saja yang bermanfaat bagi usaha manufaktur atau food and beverages seperti manajemen aset dan analisis stok barang.

Selain itu, fitur-fitur lainnya seperti rekonsiliasi bank, business review, dan juga multi currency menjadi nilai tambah bagi software akuntansi.

Keamanan Data Software Akuntansi Menjadi Nomor Satu

Tidak bisa dipungkiri bahwa data sebuah perusahaan adalah jantung dari bisnis itu sendiri. Keamanan data pada software akuntansi adalah hal paling penting yang harus Anda pertimbangkan.

Bagaimana cara memilih software akuntansi yang aman dan terpercaya?

Pertama, reputasi dari penyedia software akuntansi tersebut. Anda bisa melihat testimoni dan siapa saja klien-nya, apakah perusahaan-perusahaan dengan nama besar dan genuine menjadi kliennya.

Kedua, pemrosesan data. Jika software akuntansi online, Anda perlu mempertanyakan teknologi keamanan apa yang digunakan dan bagaimana pemrosesan datanya. Hal ini penting untuk memastikan bahwa data yang diolah benar-benar bisa dipertanggungjawabkan oleh penyedia software akuntansi online.

Ketiga, otentikasi. Keamanan data juga harus dibuktikan dengan sertifikasi salah satunya adalah ISO (International Standardization Organization). Untuk data, software akuntansi harus bersertifikat ISO 27001 tentang information security standard.

Di Indonesia sendiri, software akuntansi harus diresmikan oleh pejabat dalam negeri dalam hal ini adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) atau asosiasi seperti Ikatan Akuntan Indonesia.

Memiliki Layanan Suportif

Customer support menjadi hal penting lainnya yang harus menjadi pertimbangan. Biasanya, Anda pasti akan mengalami kendala dalam menggunakan software dan memerlukan bimbingan dari tim customer support.

Pastikan software dan aplikasi keuangan bisnis yang Anda butuhkan berada di negara asal tempat operasional usaha Anda. Selain itu, pastikan juga penyedia software akuntansi tersebut memiliki layanan customer support 24 jam.

Kesimpulan

Empat pertimbangan tersebut ditambah kemudahan akses dan penggunaan harus menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum membeli software akuntansi.

Salah satu software akuntansi terbaik yang bisa Anda dapatkan adalah Jurnal. Software akuntansi Jurnal memenuhi empat pertimbangan yang telah dijelaskan.

Jurnal juga telah dipercaya oleh ratusan reputable companies dan telah membantu ratusan pelaku UKM untuk memajukan bisnisnya. Cari tahu tentang Jurnal dan fiturnya di sini dan dapatkan juga free trial di sini.