4 Jenis Alergi yang Dapat di Periksakan ke Dokter Spesialis Alergi

  • 2 min read
  • Dec 04, 2019
4 Jenis Alergi yang Dapat di Periksakan ke Dokter Spesialis Alergi

Alergi pada dasarnya bukan sebuah masalah kesehatan yang baru lagi, karena hampir setiap orang memiliki alergi pada zat-zat tertentu. Alergi ini sebenarnya adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap zat atau benda-benda asing tertentu, sehingga menyebabkan terjadinya gangguan pada kesehatan, bahkan tergolong bisa menganggu aktivitas, sehingga memang tidak bisa disepelekan. Alergi ini umumnya paling sering dialami oleh bayi dan juga anak-anak, seiring dengan bertambahnya usia maka ada yang bisa sembuh dari alergi tersebut, namun juga ada yang tidak. Mereka yang mengalami kondisi tersebut bisa periksa ke dokter spesialis alergi.

Tidak semua rumah sakit memang memiliki dokter spesialis untuk menangani kondisi tersebut, sebagian diantaranya ditujukan pada kondisi yang spesifik, seperti diantaranya adalah alergi kulit maka nantinya akan di rujuk ke dokter spesialis kulit dan sejenisnya, sehingga pasien nantinya harus menemukan rekomendasi tepat, rumah sakit mana yang memang memiliki tenaga ahli dalam penanganan masalah ini.

Alergi ini biasanya akan muncul pada seseorang saat terjadi kontak dengan bahan penyebab allergen. Setiap orang pada dasarnya memang berbeda-beda faktor yang dapat memicu terjadinya alergi tersebut, meskipun pada dasarnya zat tersebut tidak berbahaya, namun jika seandainya mengenai orang yang salah bisa berbahaya, sistem kekebalan tubuh akan merespon zat tersebut sebagai benda berbahaya yang dapat diserang, akibatnya justru menyebabkan efek yang berkebalikan pada tubuh. Berikut ini diantaranya ada beberapa jenis alergi yang bisa terjadi pada siapa saja, yaitu:

  1. Alergi makanan, kondisi yang paling sering dijumpai, dari sekian banyak bahan makanan yang ada di dunia ini, memang terkadang ada satu atau dua jenis yang bisa memicu reaksi alergi pada orang-orang tertentu, misalnya adalah seafood, susu, kacang dan masih banyak lagi diantaranya. Mereka yang memiliki alergi pada makanan ini biasanya akan mengalami beberapa gejala setelah mengonsumsinya, seperti kulit dan mulut gatal, mual, muntah, pusing, sakit perut dan sejenisnya.
  2. Alergi kulit, alergi ini akan timbul ketika kulit Anda bersentuhan dengan zat-zat pemicu allergen tersebut. Sehingga kemudian akan memunculkan reaksi seperti diantaranya adalah gatal, kulit memerah, terjadinya ruam, bengkak dan sejenisnya. Setiap orang juga berbeda-beda faktor pemicunya, bisa karena krim, debu, logam nikel dan masih banyak lagi diantaranya.
  3. Alergi debu, banyak orang yang faktanya memiliki alergi debu, karena mungkin debu tersebut terdapat beberapa jenis hewan tertentu seperti diantaranya adalah tungau, kutu dan yang lainnya. mereka yang memiliki alergi pada debu ini akan merasakan beberapa gejala seperti diantaranya adalah bersin-bersin, hidung menjadi gatal dan tersumbat, kemudian juga mata berair dan sejenisnya, kondisi yang cukup membahayakan. Sehingga dianjurkan untuk selalu memakai masker.
  4. Alergi obat, jangan salah karena beberapa jenis obat-obatan tertentu dapat memicu terjadinya reaksi alergi pada beberapa orang, seperti yang paling sering terjadi adalah alergi karena antibiotik, diantaranya seperti penisilin, kemudian juga aspirin dan obat kemoterapi yang digunakan untuk mengatasi kanker. Jika dirasakan kondisi semacam ini dianjurkan bagi Anda segera melakukan konsultasi ke dokter, agar bisa diresepkan obat-obatan yang lainnya.

Dokter spesialis alergi ini bisa Anda datangi untuk mengkonsultasikan masalah yang dialami. Meskipun pada dasarnya bukan kondisi kesehatan yang membahayakan, namun alergi ini nyatanya juga sangat mengganggu aktivitas. Bahkan untuk bayi dan anak-anak bisa menyebabkan masalah yang lebih serius.